Dinginkah AC Mobil Anda ?

Hi….para pembaca setia blog saya. Sore ini saya memiliki sedikit saja waktu luang dan teringat untuk menulis tentang penyejuk udara mobil. Saat ini ATPM sudah menyematkan AC disetiap kendaraan yang mereka produksi, kondisi pemanasan global meningkatkan suhu permukaan bumi sehingga cuaca panas dapat terasa ekstrim dikulit. Nah berikut saya bagikan beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menjaga AC mobil Anda tetap berfungsi optimal.

1. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pada waktu mobil dinyalakan, pastikan kondisi RPM stabil lebih dahulu baru menyalakan AC. Hal ini dimaksudkan agar tidak menambah beban mesin yang belum sempurna terlumasi.

2. Usahakan selalu menjaga karpet tetap bersih, terutama di bagian kursi depan karena hampir semua mobil meletakan saringan udara di area dashboard mobil Anda, terutama dekat kaki Anda. Jadi bagi Anda yang memiliki bau kaki, hati-hati, udara tersebut dapat tersedot ke dalam evaporator.

3. Bersihkan selalu saringan udara dalam evaporator setiap kelipatan 5.000 KM, bisa lebih cepat jika Anda senang membuka kaca mobil Anda saat AC beroperasi. Supaya Anda tahu dimana lokasi filter AC Anda, cobalah baca buku petunjuk manual yang ada pada masing-masing mobil.

4. Periksa selalu aktifitas freon di dryer ( seperti gelas kaca, terdapat di ruang mesin ) saat AC menyala, jika berbuih lalu hilang maka freon masih bagus. Jika berbuih seperti susu dan terus bergejolak, Anda harus menguras dan mengisi dengan freon baru. Jika tidak berbuih dan tidak dingin artinya freonnya tidak ada, mungkin ada kebocoran. Periksa secara teliti sampai ke bagian evaporator di dalam kabin.

5. Pastikan kondisi kondensor AC yang biasanya terletak didepan radiator dan bentuknya seperti radiator selalu bersih.

6. Hindari berganti-ganti pewangi, menggunakan pewangi yang mencolok, merokok dalam mobil, membawa barang dengan wangi menusuk dan sebagainya. Bau-bau tersebut dapat menempel pada evaporator dan sulit untuk dihilangkan.

7. Matikan AC saat hendak menyalakan maupun mematikan mesin mobil. Hal ini dilakukan guna memperpanjang umur kompresor AC Anda, juga mengamankan kondisi kelistrikan mobil Anda.

8. Hindari memainkan tuas pengatur suhu AC saat Anda sedang melaju guna menghindari timbulnya beban berlebih pada kompresor.

9. Rutinlah memeriksa kondisi AC Anda secara keseluruhan di bengkel resmi untuk memastikan performanya mendinginkan kabin Anda tidak berkurang.

Berikut beberapa tips untuk mendinginkan kabin lebih cepat :

1. Posisikan mobil menyala dan nyalakan AC anda pada kipas maksimal dan suhu maksimal.

2. Buka semua jendela beberapa saat untuk mengeluarkan hawa panas dari dalam kabin.

3. Setelah udara dalam kabin sedikit sejuk, kembalikan kipas AC ke posisi 1 atau 2 dan thermostat AC ke 50 -80%. Hindari memposisikan thermostat AC di area maksimal karena umur kompresor Anda akan cepat berakhir, selain itu penggunaan bahan bakarpun akan jauh lebih hemat.

4. Buka sedikit kaca mobil Anda jika harus parkir dilapangan terbuka, supaya sirkulasi udara panas terjadi.

5. Gunakan kaca film yang dapat menangkal sinar ultraviolet secara baik, kaca film gelap belum tentu maksimal.

Demikianlah beberapa informasi yang bisa saya bagikan untuk Anda, selamat mencoba…..

5 Responses to Dinginkah AC Mobil Anda ?

  1. Sandi says:

    wahhh,, AC mobil semakin menurun gan yang ane,, trims,,

  2. Satu hal lagi, AC yang tidak terawat ini akan menjadi sarang kuman mengingat di situ lah bagian paling lembab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: