Ban Mobil Botak ?

Hi, pengunjung setia, saya berharap Anda semua dalam keadaan yang baik. Kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai kapan Anda harus mengganti ban mobil dengan yang baru.

Tidak semua ban dibuat dengan komposisi material yang sama. Ada ban yang tetap OK digunakan sampai 50.000 KM, tetapi ada ban yang hanya baik sampai 40.000 KM. Semua produsen ban memberikan informasi kepada pemakai mengenai batas aus k0ndisi ban tersebut. Banyak pemakai di Indonesia kurang memperhatikan hal ini, sehingga ban mobil digunakan sampai tipis. Kondisi ini tentu membahayakan bagi pengguna kendaraan tersebut, apalagi musim hujan telah datang.

OK, berikut beberapa tips untuk melihat apakah kondisi ban Anda masih layak pakai atau harus diganti dengan yang baru…..

1. Carilah tanda segitiga atau tulisan “TWI” pada dinding ban. Ini merupakan penunjuk posisi tanda keausan pada ban di tapak ban berupa benjolan atau tonjolan diantara alur ban.

2. Posisikan badan Anda tepat di depan ban dan lihatlah apakah tapak ban sudah sama rata antara penanda di dinding ban dengan tonjolan di tapak ban, jika sudah maka ban Anda sudah aus dan harus diganti dengan yang baru. Ukuran keausan yang diperbolehkan ada direntang 1,6 milimeter.

3. Semua ban pada umumnya memiliki tahun produksi, tanyakan kepada penjual ban tempat Anda membeli dan cocokan dengan apa yang tertulis di ban. Contoh : YMWR 1309, 09 diakhir adalah kode tahun produksi ban tersebut. Disamping itu ban juga memiliki standar ukuran. Contoh : 235/50z/R18 . 235 adalah ukuran lebar tapak, 50 adalah tinggi ban dalam % terhadap lebar tapak. R18 adalah ukuran velg.

4. Jika Anda jarang menggunakan kendaraan Anda, periksalah kondisi permukaan ban. Jika timbul benjolan pada dinding ban, gantilah segera. Ban tetap memiliki batas aman masa pakai, hindari membeli ban dengan kondisi tahun produksi lebih dari 3 tahun.

5. Perhatikan selalu kondisi tekanan angin pada ban Anda, hindari mengisi angin berlebihan atau kurang dari ambang batas yang ditentukan ATPM. Lihat manual book kendaraan Anda. Di ban juga terdapat ukuran kecepatan yang dilambangkan dengan huruf. P : 150, Q : 160, R :170, S : 180…Y : >300 KM/Jam.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada Anda, semoga membantu dan yang pasti hindari pemakaian ban mobil “BOTAK”, sampai jumpa di tulisan saya berikutnya, thanks.

2 Responses to Ban Mobil Botak ?

  1. mobil says:

    keren infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: