Warna, Apakah Mempengaruhi Harga Jual ?

Pertanyaan di atas, yang saya angkat sebagai judul seringkali menjadi momok bagi pemburu mobil atau bahkan pemilik mobil. Warna yang diciptakan oleh ATPM sebetulnya tidaklah mempengaruhi harga jual mobil. Tapi timbul pertanyaan mengapa selain warna hitam atau silver harga mobil dengan warna biru atau merah jatuh.

Yang menjadi sumber permasalahan bukan diwarna tetapi di market. Warna hitam menjadi sangat populer khususnya di mobil bekas dikarenakan tingkat permintaan yang tinggi dan cenderung stabil, berbeda dengan warnah merah atau biru permintaan market tidak begitu baik malah cenderung berada di bawah rata-rata.

Semua ini sebetulnya berhubungan dengan penjualan mobil baru, sales lebih mudah menjual mobil dengan warna hitam atau silver karena mindset konsumen warna tersebut adalah wana yang umum dan memiliki nilai jual yang jauh lebih baik. Tapi bagaimana dengan warna abu-abu di Innova, burgundy di produk suzuki bukankah warna tersebut warna yang banyak dicari orang ? Jadi permasalahan mendasar adalah karena tidak banyak permintaan mobil-mobil dengan warna yang tidak umum mengakibatkan produksi unit dengan permintaan warna terbanyak menjadikan mobil dengan warna favorit harganya tetap stabil.

Sebagai contoh, Innova warna biru jumlahnya tidak sebanyak Innova warna hitam, maka Innova warna biru berharga lebih murah dari Innova berwarna hitam dalam hal penjualan kembali. Ini sesuai dengan hukum ekonomi, permintaan sedikit, harga murah karena stock banyak, permintaan tinggi harga mahal karena tidak ada stok.

Jadi Anda yang memiliki mobil dengan warna yang tidak umum tidak usah berkecil hati karena warna yang Anda pilih adalah kesukaan Anda, jadi jualah kendaraan Anda saat permintaan pasar tinggi namun tidak ada barang.

6 Responses to Warna, Apakah Mempengaruhi Harga Jual ?

  1. dedyizham says:

    makasih bank uda mampir….

  2. banyu421 says:

    kalo untuk motor mungkin sama ya bang, cuma kalo pembeli motor seringnya kepengaruh ma brosur, warana apa yang di tampilkan di halaman muka brosur itu yang seringnya di pilih.

    • mobil88 says:

      kalau motor beda warna, tidak beda harga karena nilai kecil. Untuk mobil beda warna karena masing-masing warna diproduksi tidak sama jadi harga juga pasti beda mas….

  3. mikha_v says:

    Kalo di tempat saya (USA), justru warna terang yang lebih populer daripada warna gelap.

    Mengapa?

    Karena lebih gampang terlihat oleh mata. Sehingga resiko kecelakaan pun kecil.

    • mobil88 says:

      saya setuju dengan Anda, bahkan di thailand warna terang lbh populer dari warna gelap. Hanya market di Indonesia agak berbeda, thanks buat tanggapannya…

  4. bily says:

    makasih bang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: