Faktur, Pentingkah ?

Suatu hari datang seorang pemilik mobil yang sebelumnya sudah membuat janji akan menjual mobilnya pada seorang appraiser di MOBIL88 CILANDAK. Seperti biasa, proses berjalan sesuai dengan SOP. Tiba pada pemeriksaan dokumen, didapati bahwa faktur kendaraan tersebut palsu.

Mobil tersebut adalah Kijang Innova tahun 2007…berarti termasuk mobil tahun muda yang tingkat penjualan dengan kredit masih cukup tinggi. Mobil tanpa faktur tidak dapat dijual secara kredit, karena pihak leasing mensyaratkan faktur harus ada, singkat cerita mobil innova tersebut tidak dapat MOBIL88 CILANDAK beli.

Pemilik kecewa dan menganggap kami tidak profesional…tapi apa betul demikian ?? Faktur dibuat 4 rangkap oleh ATPM, 2 lembar untuk Kepolisian sebagai dasar penulisan BPKB, 1 lembar untuk dealer yang menjual mobil barunya, 1 lembar untuk pemilik. Masing-masing lembaran faktur tidak dapat dipindah-pindahkan karena tertulis dengan jelas tujuan faktur tersebut. Untuk pemilik, maka dibagian bawah faktur akan terdapat tulisan “UNTUK PEMILIK” jadi tidak bisa diserahkan ke Kepolisian atau pertinggal di dealer.

Di kepolisian, faktur tersebut akan menjadi dasar penulisan BPKB, keterangan tersebut akan muncul di lembar ke dua dari BPKB. Jadi faktur merupakan “SURAT LAHIR KENDARAAN”.
Di Dealer, faktur akan menjadi bukti penerimaan kendaraan dari produsen ( pabrikan ).

Karena faktur merupakan “SURAT LAHIR KENDARAAN” maka satu hal yang wajib atau mutlak dimiliki seorang pemilik kendaraan baru.
Apa yang terjadi jika faktur hilang ? Nilai kendaraan otomatis akan turun, jauh berbeda dengan mobil berfaktur. Pengurusan penggantian fakturpun cukup merepotkan dan Andapun tidak akan mendapatkan faktur asli seperti semula, hanya copy faktur yg dilegalisir oleh Kepolisian.

Faktur hanya digunakan pada saat Anda memindahkan alamat pada BPKB ke POLDA yang berbeda ( MUTASI LUAR DAERAH ).

Tips menyimpan dokumen :
1. Pisahkan FAKTUR, NIK/VIN, FORM A dari BPKB sewaktu Anda melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan Anda.
2. Jangan mensteples FAKTUR, NIK/VIN, FORM A di belakang BPKB Anda.

Perhatikanlah dokumen kendaraan Anda supaya Anda tidak dirugikan.

About these ads

26 Responses to Faktur, Pentingkah ?

  1. buraqmanari says:

    izin dulu mengamankan yang pertamax,…

    faktur…??? penting donk :)

  2. sabjan says:

    wah, baru tahu nih. kalau sepeda motor bagaimana? pakai faktur juga?

  3. dc says:

    wahhh…saya baru tahu…akan saya ingat2 kalau saya punya kendaraan :D
    salam kenal

  4. mikha_v says:

    Bisa dijelaskan lebih lanjut mungkin apa itu faktur?
    Kalo BPKB, saya sudah tahu.

  5. arydoohan says:

    Maaf bos. Apakah ada pricelist mobil 2nd di mobil88. Thx u.

  6. hendi says:

    bagaimana dengan jual beli perseorangan yg dibayar cash… apakah faktur masih perlu jika terlanjut hilang?
    saya tangan ke 3 di bpkb dan saya kurang memperhatikan ada tidaknya faktur waktu pembelian. setelah pemakaian selama 8 tahun saya bermaksud menjual ke orang lain untuk dipakai sendiri(bukan jual-beli)tiba2 dia menanyakan faktur.

    • mobil88 says:

      Ya, seperti pembahasan saya sebelumnya mengenai pentingnya dokumen kendaraan. Jika mobil yang bapak pakai usianya dibawah tahun 1997 kemungkinan besara faktur tidak terlalu bermasalalah, karena usia mobil yang sudah tua. Tetapi jika kendaraan tersebut kategori tahun muda pasti tidak bisa proses kredit.

  7. ahmad sudarso says:

    wah punyaku juga brow,,anjing gara2 pajak tahunan..faktur mobil gua hilang,,,entah di embat atau di gimnain…mobil mau gua jual ga laku2.,,,anjing,,,lakupun harganya rendah,,,,

    • syahrir nurdin says:

      saya menjual mobil dan telah sepakat harganya, calon pembeli menanyakan BPKB,faktur asli dan form A, namun yg saya miliki hanya berupa BPKB asli dan fotocopy faktur, pada copian tsb terdapat stempel dari samsat sebagai tanda form A terdaftar di samsat. dgn kondisi surat2 seperti itu pembeli membatalkan transaksi dgn alasan nanti susah kalau mau menjual kembali. Yang menjadi pertanyaan 1). apakah dgn asliBPKB dan fotocopi faktur (tanpa form A) belum cukup kuat lagalitasnya, padahal kendaraan tsb sudah 2 kali mutasi keluar daerah & balik nama tanpa ada masalah. 2). Kemana saya harus mengurus legalisir faktur dan minta form A…. mohon bantuan penjelasannya. tks

      • reoraja says:

        saya jawab ya pak :
        1. Form A itu adalah lembaran informasi yang dikeluarkan DIRJEN BEA CUKAI sebagai bukti adanya impor mobil. Idealnya kalau mobil bapak CBU harus dilengkapi sebagai pembuktian bapak sudah membayar bea masuk terhadap kendaraan tersebut.

        2. Pengurusan faktur dan form A bisa ke dealer ATPM Pak.

  8. cecep adza says:

    Bener bos.. Skrg permasalahan faktur ini malah jd akal2an pihak ‘TERTENTU’, pas kita ngurus perpanjangan STNK, faktur bs hilang/dihilangkan. Why? karena jika kendaraan kita sudah dijual dan akan di BBN/ganti plat/mutasi oleh pemilik baru maka akan dikenakan biaya yg tinggi oleh pihak ‘TERTENTU’ itu. Itulah kenapa pembeli cerdik pasti nanya faktur jg sblm proses jual beli terjadi. Parah ya.. ! tp ini fakta. Sy sdh mengalaminya.. Apes bener. Hidup Republik Indonesia,,,!!!

  9. Wawan says:

    Padahal apa hubungannya faktur ya? kan sudah ada BPKB toh? sebagai bukti paling nyata atas kepemilikan mobil itu..
    sedangkan faktur cuma selemnbar kertas (biasanya TIPIS banget), yang gak sebanding banget kalau dianggep “akte lahir mobil”.. itu kan seharusnya cuma surat pengantar ke polisi untuk bikin BPKB ajah.. setelah ada BPKB harusnya faktur udah gak penting…
    Logikanya kalau ada perpindahan tangan yg seharusnya ada adalah kwitansi/aktajualbeli/faktur baru antara penjual (a.n. BPKB) ke pembeli (yg mau baliknama), siapa peduli dengan faktur pembelian pertama dulu???…

    kayaknya ini cuma bisa-bisaan aja, biar nambah birokrasi n nambah celah cari duit: “ngurus copy faktur yg dilegalisir”, atau cari untung tambahan sebagai alasan makelar nurunin harga…

  10. syahrir nurdin says:

    Masalahnya mobil yg akan saya jual keluaran 2001 dan saya sudah tangan ke 3, apa pentingnya faktur dan form A tsb bagi pemilik selanjutnya, toh BPKB asli dan STNK sudah diterbitkan oleh kepolisian dan dasar utk membuat BPKB adalah faktur dan form A.
    Sesuai penjelasan dari SAMSAT ketika saya mencoba untuk meminta fotocopy form A, bahwa jika hendak melakukan transaksi jual beli kendaraan yg terpenting ada BPKB asli, STNK asli dan data mengenai kendaraan sesuai dengan kendaraannya itu sendiri seperti nomor mesin/rangka dsb. jika calon pembeli ragu atas keabsahan BPKB bisa dilakukan pengecekan di kepolisian disana memang ada loketnya.

    • reoraja says:

      Kalau secara hukum, mobil bapak aman. Kemungkinan orang yang akan membeli mobil bapak bukanlah end user, jadi ketika hendak dijual kembali agak kesulitan jika pembeli berikutnya menginginkan kredit.

  11. Eric says:

    Betul, faktur gua diembat waktu di samsat. Inget waktu bayar d steples di BPKB, baru nyadar setelah seminggu. Mana di samsat kita dibikin lelah jd kg fokus cek2 surat.Asal selesai seneng aja dpt STNK baru…… Kita lawan sistem yg kg efektif aja, gw jual mbl tanpa faktur tetep bisa, toh ada BPKB n STNK,jangan diikuti prosedur yg memberi peluang kotor buat oknum.kita ajak diskusi scr logis aja pembeli. Toh hukum itu hasil rekayasa pasar. buktinya balik nama tanpa faktur bisa, aneh kan? cukup BPKB, KTP pemilik sebelumnya, Kwitansi penjualan atau surat perjanjian jual beli….nah hukum yg mana butuh faktur, yg jelas klo minta faktur kasih aja fak you…

  12. Richo says:

    Betul gan, kita cuekin aja, cari pembeli yg kg urusan faktur sgl. gw sering gonta ganti mobil, dirumah numpuk 5 fakrur asli. pembeli kg masalah. Dari harga urus aja kliatan kg logis dan bertujuan pemerasan, masa sampai 1 jutaan ckckckckckckc

  13. Jengkol says:

    Faktur sangatlah penting! awas kalo tidak punya faktur, aku kg mo beli mobilmu !!!!!!

  14. fitrah says:

    mobil : faktur
    manusia : akta kelahiran

  15. kakashi says:

    Permisi agan2 sy orang awam mau tanya jika kita hendak membeli motor yg hanya dilengkapi, STNK BPKB Form A Faktur tertulis warna putih.
    untuk surat2 tsb sudah cukup kuat apa tidak untuk kepemilikan sepeda motor?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: